Pengertian
Pasar
Pengertian “pasar”
semula adalah tempat dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk mempertukarkan
barang- barang mereka atau lebih jelasnya tempat pertemuan pembeli dan penjual.
Ekonom menggunakan istilah tersebut untuk mengacu pada sekumpulan pembeli dan
penjual yang melakukan transaksi atas produk atau kelas produk tertentu.
Pengertian pasar menurut konsep pemasaran dipandang sebagai sasaran atau tujuan
kegiatan pemasaran . oleh karena itu, pengertian menurut konsep pemasaran bukan
bersifat tempat yang statis. Pengertian pasar menurut pemasaran adalah:
Pasar adalah kelompok individual
(perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang
tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.
Pasar terdiri dari semua pelanggan
potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang sama. Yang
mungkin bersedian dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan
dan keinginan itu.
Atas dasar perilaku tujuan
pembeliannya, pasar dibedakan menjadi dalam dua kelompok. Yaitu pasar konsumen
akhir (end users) dan pasar konsumen antara (intermediate consumers).
Pasar konsumen akhir sering hanya
disebut sebagai pasar konsumen, meliputi pribadi atau rumah tangga. Tujuan
pasar konsumen mengkonsumsi barang adalah untuk keprluan sendiri dan untuk
rumah tangganya.pasar konsumen antara sering dikenal sebagai pasar produsen,
pasar industrial atau pasar organisasional. Tujuan pasar industrial
mengkonsumsi barang adalah untuk keperluan (diproses atau dijual) pihak lain.
Pengertian Pemasaran
Jika harus mendefinisikan pemasaran,
kebanyakan orang, mengatakan pemasaran artinya “penjualan” atau “periklanan”.
Penjualan atau periklanan hanyalah “the tip of the marketing iceberg”.
Penjulan atau periklanan hanyalah salah satu dari erbagai fungsi pemasaran, dan
seringkali bukan merupakan bagian terpenting.
Pemasaran dalam pengertiannya yang
lebih luas, didefinisikan sebagai semua kegiatan yang dirancang
untuk mendorong dan mengelola segala pertukaran untuk memuaskan keinginan dan
kebutuhan kita.
Dari perspektif bisnis yang lebih
sempit pemasaran dapat didefinisikan sebagai sebuah
keseluruhan sistem kegiatan bisnis yang dirancang untuk menyediakan sesuatu
bagi kelompok, individu, atau organisasi yang memuaskan mereka, guna mencapai
tujuan organisasi. Oeh karena itu, pemasaran dalam situasi bisnis bersifat
dapat dikelola, merupakan suatu sistem, melibatkan produk, promosi, penetapan
harga, dan distribusi (yang perlu di koordinasi), dan dirancang untuk
memberikan sesuatu yang memuaskan atau nilai kepada suatu kelompok (pasar
sasaran), dan dalam rangka mencapai tujuan organisasi/ individu).
Asosiasi Pemasaran Amerika
menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan seperangkat
proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada
pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan
organisasi dan para pemilik sahamnya.
Definisi pemasaran yang paling
sesuai secara umum adalah suatu proses sosial dan manajerial yang
didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan
inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang
bernilai dengan pihak lain.
Definisi pemasaran ini bersandar
pada konsep inti berikut: kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan
(demands); produk (barang, jasa, dan gagasan); nilai, biaya, dan kepuasan;
pertukaran; dan transaksi; hubungan dan jaringan; pasar; serta pemasar dan
prospek.
Konsep Pemasaran Inti
n Kebutuhan manusia (human ned) : keadaan dimana
seseorang merasa kehilangan sesuatu.
n Keinginan manusia (human wants): pola kebutuhan
manusia yang dibentuk oleh kebudayaan dan kepribadian individu.
n Permintaan : keinginan manusia yang didukung
daya beli.
n Produk : segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke
pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan atau di-konsumsi
dan yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan, meliputi obyek2 phisik, jasa,
orang, tempat, organisasi dan ide.
n Nilai dan kepuasan: cara konsumen memilih
sebagian besar produk yang memenuhi suatu kebutuhan tertentu dengan membuat
pilihan pembelian berdasarkan persepsinya mengenai nilai produk.
n Pertukaran : tindakan untuk memperoleh obyek
yang diingin-kan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya.
n Transaksi : perdagangan antara dua pihak yang
melibatkan setidaknya dua benda/hal yang bernilai, syarat-syarat yang
disepakati, waktu berlakunya per-janjian dan tempat perjanjian.
n Hubungan: pemasar yang bijak bekerja untuk
membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, distributor, dealer, dan
pemasok yang bernilai. Mereka membangun ikatan ekonomi dan sosial yang kuat
dengan berjanji dan secara konsisten menyerahkan produk bermutu tinggi, layanan
yang baik, dan harga yang wajar.
n Pasar : himpunan para pembeli aktual dan
potensial dari suatu produk.
n Pemasaran : bekerja dengan pasar untuk
mewujudkan per-tukaran demi menawarkan kebutuhan dan keinginan manusia.
Kesimpulan
Dari pernyataan di atas saya menarik
kesimpulan tentang pangertian atau definisi pasar dan pemasaran yang lebih
singkat dan jelas, Yaitu:
Pasar adalah Individu atau kelompok
maupun organisasi yang mempunyai kebutuhan, berdaya beli, dan merealisasikan
kebutuhan tersebut sebagai permintaan atas barang atau jasa.
Dan pemasaran adalah
proses dimana individu/ kelompok memperoleh apa yang mereka inginkan dengan
menyediakan sesuatu kebutuhan, menetapkan harga, mendistribusikan, menawarkan
atau mempromosikan dengan mempertukarkan produk serta jasa yang bernilai agar memuaskan
pihak lain (konsumen) dan mencapai tujuan individu/ kelompok tersebut.
Daftar Pustaka
Budiarto,
Teguh, Dasar Pemasaran: Seri Diktat Kuliah, Jakarta:
Universitas Gunadarma
Kotler, philip, Marketing
Management: Analyses, Planning, Implementation,
And Control, Ninth Edition, New Jersey: Prentice Hall, 1997
Kotler, philip & Armstrong, gary, Principles
of Marketing, Sixth Edition, New
Jersey: Prentice Hall, 1994
Kotler, philip & Keller, kevin lane, Marketing
Management, Twelfth Edition,
New Jersey: Prentice Hall, 2006
McCharty, E. Jerome & Perreault, William D, Essentials
of Marketing: A Global-
Managerial Approach, Sixth Edition, Irwin, 1993
Williams, Lesley & Yusuf, Eva Zhoriva, Manajemen
Pemasaran: Studi Kasus
Indonesia, Jakarta: PPM, 2007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar